TEST TINGKAT KECERDASAN MANUSIA (Test IQ, EQ, SQ dan AQ/VQ)
Seperti pada kain yang dijahit
punya pola ukuran yang harus pas, demikian juga pada seseorang punya ukuran
tingkat kecerdasan manusianya. Anda akan mengetahui berapakah Tingkat Kecerdasan
Manusia anda, bila anda mengikuti test kecerdasan berikut ini.
TEST TINGKAT KECERDASAN IQ
Pada bagian ini akan diberikan test untuk
menentukan tingkat kecerdasan intelektuil (IQ). Test ini terdiri dari 28
pertanyaan. Pada setiap pertanyaan diberikan uraian pertanyaan untuk dijawab
dan dikerjakan dengan secepat mungkin dan benar dalam waktu 1 jam, tidak boleh melihat kunci jawaban.
Berapa jumlah soal yang dapat anda jawab dalam waktu 1 jam, itulah kemampuan
anda. Setiap pertanyaan diberi pilihan jawaban a, b, c atau d yang harus
dipilih salah satu darinya yang menurut pikiran atau pendapat anda itu sebagai
jawaban yang benar.
Setelah
selesai memberi jawaban terhadap uraian pertanyaan yang diberikan, cocokkan
jawaban anda dengan lembaran jawaban yang diberikan, jumlahkanlah skor anda
sesuai jawaban yang benar dengan cara mengalikan banyaknya jawaban yang benar
dengan 10, selanjutnya itulah nilai kecerdasan IQ anda. Kemudian gabungkan skor
IQ anda dengan skor kecerdasan lainnya untuk mendapatkan nilai kemampuan hidup
anda.
Berikut ini pertanyaan kecerdasan IQ:
1. Jika diberikan angka 1,2,3,4 dan 5, bentuk
susunan angka yang baru sesuai dengan angka-angka tersebut dimana angka
terakhir yang diberikan sebagai angka pertama pada susunan yang baru tetapi
tidak dipakai adalah:
- 2,3,4,5 dan 6 b. 5,6,7,8 dan 9
c. 5,1,2,3 dan 4 d.
6,7,8 dan 9
2. Jika diberikan angka 4,2,3 dan 1, bentuk
susunan angka yang baru sesuai dengan angka yang diberikan dimana angka
pertamanya lebih besar 1 dari angka pertama yang diberikan adalah:
a. 2,3,1 dan 4 b.
8,6,7 dan 5
c. 5,6,7 dan 8 d.
8,7,6 dan 5
3. Jika suatu notasi musik dimainkan 1 3 2 4,
maka notasi yang baru sesuai dengan susunan notasi yang diberikan dimana notasi
yang baru lebih tinggi nadanya dari notasi yang diberikan adalah:
a. 5 6 7 1’ b. 1’ 7 6 5
c. 5 7 6 1’ d. 1’ 6 7 5
4. Jika suatu notasi musik dimainkan 1 2 3 4 5,
maka notasi yang baru sebanyak 4 nada yang sesuai dengan susunan notasi tersebut dimana notasi yang baru lebih
tinggi dari notasi yang diberikan dan nada pertamanya sama dengan nada terakhir
notasi yang diberikan tetapi tidak dibunyikan adalah:
a. 6 7 1’ 2’ b. 5 6 7 1’
c. 6 1’ 7 2’ d. 5 7 6 1’
5. Suatu susunan angka dalam satu grup yaitu 8,
7, 6 dan 5 dan grup kedua dan grup ketiga bentuk susunan angkanya adalah sama
dengan yang diberikan dimana angka yang terakhir pada grup sebelumnya merupakan
angka pertama bagi grup berikutnya, maka angka pertama pada grup ketiga adalah:
a. 1 b.
4
c. 2 d.
3
6. Jika suatu susunan angka dalam grup A adalah
5, 6, 8, 7 dan 9 dan grup B adalah 1, 2, 4, 3 dan 5, susunan angka yang baru
dimana grup B mendahului grup A dan irisan angka kedua grup tersebut hanya 1
kali ditulis, maka susunan angkanya adalah:
a. 1, 2, 4, 3, 5, 6, 8, 7, 9 b.
6, 8, 7, 9, 1, 2, 4, 3
c. 1, 2, 4, 3, 6, 8, 7, 9 d.
5, 6, 8, 7, 9, 1, 2, 4, 3
7. Jika suatu bentuk bangun diputar 2700, kekanan, maka
bentuk bangun yang baru akan menjadi:
a. b.
c. d.
8. Jika suatu susunan angka diberikan 1, 2, 3
dan 4, maka 4 angka yang keenam berikutnya adalah:
a. 6, 7, 8, dan 9 b. 17, 18, 19 dan 20
c. 21, 22, 23, dan 24 d. 25, 26, 27 dan 28
9. Jika angka 5 diberikan yang sesuai terhadap
susunan angka 3, 6, 9,12 dan 15, maka angka 4 akan sesuai dengan susunan
angka-angka yang angka pertamanya adalah:
a. 3 b.
2
c. 1 d.
4
10.
Jika suatu susunan angka yang terbentuk terdiri dari 3 baris 2 kolom dimana
susunan angka angka dikolom pertama dari bawah keatas dan susunan angka dikolom
kedua dari atas ke bawah dan angka pertama pada susunan pertama adalah 3 yang
lebih besar dari angka pertama disusunan kedua,
maka angka terakhir pada susunan kedua bila dipergunakan adalah:
a. 3 b.5
c. 2 d.
4
11.
Jika suatu susunan angka terdiri dari 2 grup dimana masing-masing grup terdiri
dari 3 baris 1 kolom, angka pada susunan grup pertama disusun dari bawah ke
atas dan pada grup kedua disusun dari atas ke bawah. Bila angka pertama pada
grup kedua adalah 5 dan angka pertama pada grup satu lebih besar dari angka
pertama pada grup kedua, maka angka pertama pada grup kedua bila dipakai
adalah:
a. 5 b.
7
c. 6 d.
8
12. Jika
angka 4 diberikan yang sesuai dengan susunan angka 3, 6, 9, 12 dan 15, maka
angka 3 akan sesuai dengan susunan angka-angka yang urutan angka ketiganya
adalah:
a. 2 b.
8
c. 6 d.
11
13.
Jika suatu susunan angka terdiri dari 2 grup dimana masing-masing grup terdiri
dari 7 baris 5 kolom, susunan angka di grup pertama disusun dari bawah ke atas
dan susunan angka di grup kedua dari atas ke bawah. Bila angka pertama pada
grup pertama adalah 5 yang lebih besar dari angka pertama grup kedua, maka angka
pada grup kedua baris 2 kolom 3 adalah:
a. 23 b.
25
c. 19 d.
21
14.
Jika suatu bentuk bangun dibalikkan keatas, maka bentuk bangun yang
baru akan menjadi:
a. b.
c. d.
15.
Jika susunan angka diberikan 1, 2, 3, 4, dan 5, maka susunan angka yang baru
dimana angka pertama mendahului urutan angka ketiga yang diberikan adalah:
a. 7, 3, 4, 5 dan 6 b.
2, 1, 3, 4, dan 5
c. 3, 4, 5, 6 dan 7 d.
1, 3, 4, 5 dan 6
16.
Jika susunan angka diberikan 2, 3, 4, 5 dan 6, maka angka kedua dari susunan
angka yang baru dimana angka pertamanya menduduki urutan angka kedua yang
diberikan adalah:
a. 2 b.
4
c. 3 d.
5
17.
Jika susunan angka diberikan 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 yang ditempatkan pada 3 baris
2 kolom yang susunannya dari atas ke bawah, maka angka pada baris 1 kolom 2
adalah:
a. 6 b.
4
c. 3 d.
5
18.
Jika susunan angka pada grup I diberikan 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 terdiri dari 3
baris 2 kolom yang susunan angkanya dari atas ke bawah, maka pada grup II yang
angka pertamanya lebih besar 4 angka dari angka pertama grup I di baris 3 kolom
2 bila digunakan adalah:
a. 8 b.
10
c. 9 d.
7
19. Jika
suatu susunan angka diberikan 3, 2, 6, 5 dan 5, maka susunan angka yang baru
bila angka keduanya lebih besar dari angka kedua susunan sebelumnya dan lebih
kecil dari angka ketiganya adalah:
a. 3, 7, 6, 5 dan 5 b.
3, 6, 2, 5 dan 5
c. 3, 3, 6, 5 dan 5 d.
2, 6, 3, 5 dan 5
20.
jika suatu susunan angka diberikan 1, 2, 4, 5 dan 5 dan bila urutan angka ke-4
dinaikkan 3 angka, maka susunan angka berikutnya yang ketiga adalah:
a. 1, 2, 4, 8 dan 5 b.
1, 2, 4, 11 dan 5
c. 1, 2, 4, 10 dan 5 d.
1, 2, 4, 14 dan 5
21.
Jika susunan angka diberikan 1, 2, 3 dan 4, susunan angka yang baru adalah
melewati satu angka dari angka terakhir susunan sebelumnya dan semua susunan
angka disusun berurut, maka angka pada susunan ketiga urutan kedua adalah
angka:
a. 14 b. 12
c. 11 d.
13
22.
Jika susunan angka diberikan 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 dan 8 dan bila urutan angka pertama menempati
urutan angka ketiga, maka angka terakhirnya akan menjadi:
a. bertambah 6 b.
berkurang 6
c. bertambah 2 d.
berkurang 2
23.
Jika suatu susunan angka diberikan 2, 2, 6, 3, 5 dan 7, jika terjadi keanehan
pada susunan angka tersebut maka angka keduanya akan naik 1 angka (bertambah
1), maka susunan angka yang baru urutan ke tiga berikutnya adalah:
a. 5, 3, 9, 6 dan 10 b.
2, 3, 9, 6 dan 10
c. 5, 5, 9, 6 dan 10 d.
5, 3, 9, 3 dan 7
24.
Bila ada dua elemen (angka) dihubungkan secara seri, maka total penjumlahan
hubungan seri tersebut adalah:
a. menjadi lebih besar b.
sama
c. menjadi lebih kecil d.
0
25.
Bila ada dua elemen (angka) dihubungkan secara parallel, maka total penjumlahan
hubungan parallel tersebut adalah:
a. menjadi lebih besar b.
sama
c. menjadi lebih kecil d. 0
26.
Dari beberapa elemen (angka) yang dihubungkan parallel akan menghasilkan suatu
total penjumlahannya, bila satu buah bagian elemen (angka) tersebut
dihilangkan, maka total hasil penjumlahannya akan menjadi:
a. Berkurang dari total sebelumnya
b. Bertambah dari total sebelumnya
c. tetap
d. sama dengan 0
27. Bila
dua buah angka 4 dan 2 dihubungkan secara seri dan dua buah angka lainnya 3 dan
1 dihubungkan secara seri juga, maka total penjumlahan dari hubungan seri kedua
bagian elemen (angka) tersebut akan sama dengan:
a. 2 b.
10/24
c. 10 d.
24/10
28. Pada
soal no.27, bila dihubungkan secara parallel, maka total penjumlahan dari
hubungan parallel kedua bagian elemen (angka) tersebut akan sama dengan:
a. 2 b.
10/24
c. 10 d.
24/10
29.
30.
31.
32
Tabel Penilaian Kecerdasan Intelektuil (IQ)
Menurut Tingkat Kecerdasan
Kecerdasan
IQ
|
Skor
|
Tingkat
Penilaian Kecerdasan
|
||||
Bodoh
|
Biasa
|
Pintar
|
Berhik-mat
|
Super
|
||
Total
|
|
≤ 74
|
75-108
|
109-131
|
132-143
|
≥ 144
|
Tabel Penilaian Kecerdasan Intelektuil (IQ)
Menurut Sifatnya
Kecerdasan
IQ
|
Skor
|
Tingkat
Penilaian
|
|||
Waspada
|
Rentan
|
Istimewa
|
Optimal
|
||
Total
|
|
≤ 74
|
75 – 108.
|
109 – 131
|
≥ 132
|
TEST
TINGKAT KECERDASAN EQ
Pada bagian
ini akan diberikan test untuk menentukan tingkat kecerdasan Emosionil (EQ).
Test ini terdiri dari 3 bagian dan masing-masing bagian terdiri dari beberapa
skala pengujian yaitu ketrampilan emosi, kecakapan EQ, nilai-nilai EQ dan
keyakinan.
Bagian
1. ketrampilan emosi terdiri dari 3 skala, yaitu:
Skala 1: kesadaran diri emosi,ini ditujukan
untuk yang berhubungan dengan pemahaman diri, baik berupa kelebihan maupun
kekurangan diri.
Skala 2: Expresi emosi, ini ditujukan untuk
yang berhubungan dengan kemampuan diri, untuk mengungkapkan perasaan pada orang
lain agar orang tersebut tahu.
Skala 3: Kesadaran emosi terhadap orang
lain, ini ditujukan untuk mengukur kemampuan diri dalam mengelola perasaan
sendiri dan memperlalukan orang lain seperti memperlakukan diri sendiri.
Bagian
2 kecakapan EQ terdiri dari 5 skala, yaitu:
Skala 1: Intensionalitas, ini ditujukan
untuk mengukur kemampuan diri melakukan tugas dengan tuntas.
Skala 2: Kreativitas, ini ditujukan untuk
mengukur kemampuan diri mengekspresikan kreativitas yang dipakai untuk
mendukung tugas-tugas.
Skala 3: Ketangguhan, ini ditujukan untuk
mengukur kemampuan diri menerima dan mengatasi masalah jika ada terjadi
konflik.
Skala 4: Hubungan antar pribadi, ini
ditujukan untuk mengukur kemampuan diri beradaptasi pada situasi baru dan
bertoleransi dengan orang lain.
Skala 5 Ketidak-puasan konstruktif, ini
ditujukan untuk mengukur kemampuan diri dalam mengatasi ketidakpuasan diri dari
orang lain.
Bagian
3 Nilai-nilai EQ dan keyakinan terdiri dari 6 skala yaitu:
Skala 1: Belas kasihan, ini ditujukan untuk
mengukur kemampuan diri peka terhadap segala sesuatu
Skala 2: Sudut pandang, ini ditujukan untuk
mengukur kemampuan diri berperilaku positif dalam mengatasi masalah yang
dihadapi.
Skala 3: Intuisi, ini ditujukan untuk
mengukur kemampuan diri cara berpikir jauh kedepan, jauh lebih maju dibanding
dengan orang lain.
Skala 4: Radius kepercayaan, ini ditujukan
untuk mengukur kemampuan diri agar dapat dipercayai dan mempercayai orang lain.
Skala 5: Daya pribadi, ini ditujukan untuk
mengukur kemampuan diri untuk dapat bertanggung jawab terhadap apa yang
dipikirkan dan dilakukan.
Skala 6: Integritas, ini ditujukan untuk
mengukur kemampuan diri kesatuan antara tanggung jawab dan nilai nilai diri
yang diperlukan untuk menumbuhkan keberanian mengambil resiko dari tanggung
jawab yang diemban.
Pada test EQ ini, setiap skala ukuran
kemampuan diri dalam setiap bagian pertanyaan diberi uraian pertanyaan dan skor
tanggapan untuk dikerjakan dengan secepat mungkin dan sejujur mungkin dalam
waktu 1 jam, berapa jumlah soal yang dapat anda jawab dalam 1 jam itulah
kemampuan anda. Adapun skor tanggapan tersebut diberi angka 0, 1, 2 dan 3 dalam
setiap kolom pertanyaan dan saudara harus memilih salah satu darinya yang
menggambarkan tanggapan anda, angka 3 berarti menggambarkan pikiran atau
perasaan anda terhadap hal yang diuraikan yang berarti setuju sekali, angka 2
berarti setuju, angka 1 berarti kurang setuju dan angka 0 berarti tidak setuju
sekali.
Setelah
selesai memberi tanggapan terhadap uraian pertanyaan yang diberikan, cocokkan
jawaban anda dengan skor tanggapan yang diberikan, jumlahkanlah skor tanggapan
anda tersebut untuk tiap lajur dan selanjutnya jumlahkan untuk masing masing
skala, selanjutnya pindahkan skor anda untuk tiap tiap skala ke table penilaian
EQ sesuai kolom masing masing skala untuk mendapatkan nilai EQ anda. Kemudian
gabungkan skor EQ anda dengan skor kecerdasan lainnya untuk mendapatkan nilai
kemampuan hidup anda.
Berikut
ini pertanyaan kecerdasan EQ:
Skala
1.1. Kesadaran diri emosi
No. Uraian
Skor tanggapan
1. Saya telah banyak belajar banyak tentang
diri sendiri
dengan mendengarkan perasaan
saya. 3 2 1 0
2. Saya bisa mengatakan kapan saya menjadi
marah 3 2 1 0
3. Bila saya sedih, saya tahu alasannya 3 2
1 0
4. Saya cenderung menghakimi diri sendiri
dengan pola pikir
orang lain tentang saya
0 1 2 3
5. Saya menikmati kehidupan emosi saya 3 2
1 0
6. Orang yang sering menunjukkan emosi yang
kuat
membuat saya takut
0 1 2 3
7. Saya
sering ingin menjadi orang lain 0
1 2 3
8. Saya memperhatikan keadaan fisik saya untuk
memahami
perasaan saya
3 2 1 0
9. Saya menerima perasaan saya sebagaimana
adanya 3
2 1 0
|
|
|
|
Jumlah I.1.
|
|
|
Skala
2. Ekspresi emosi
No. Uraian
Skor tanggapan
1. Saya mengungkapkan
emosi saya meskipun emosi itu negatif
3 2 1 0
2.
Teman dekat saya akan mengatakan bahwa saya
mengungkapkan penghargaan terhadap mereka 3 2 1 0
3. Saya menyimpan perasaan bagi saya
sendiri 0 1
2 3
4. Saya membiarkan orang lain tahu bila ada
perasaan
tidak enak yang mengganggu pekerjaan kami 3 2 1 0
5. Saya sulit meminta tolong kepada orang
lain saat
saya memerlukan bantuan
0 1 2 3
6. Dalam berinteraksi dengan orang lain,
saya dapat
merasakan perasaan mereka
3 2 1 0
7. Saya akan melakukan apa saja agar tidak
nampak
tolol di depan teman teman saya
0 1 2 3
|
|
|
|
Jumlah I.2.
|
|
|
Skala
3. Kesadaran emosi terhadap orang lain
No. Uraian Skor
tanggapan
1.Saya merasa sulit berbicara dengan orang
yang tidak
satu sudut pandang dengan saya
0 1 2 3
2. Saya jarang terdorong
untuk menghibur otang lain
3
2 1 0
3. Saya berpikir tentang
perasaaan orang lain sebelum
mengungkapkan pandangan saya
3 2 1 0
4.Saya tidak peduli dengan siapa saya berbincang,
saya selalu
menjadi pendengar yang baik
3 2 1 0
5.Saya dapat merasakan suasana hati suatu
kelompok ketika
saya masuk ruangan
3 2
1 0
6.Saya dapat membuat orang yang baru saya
kenal
berbicara tentang mereka sendiri
3 2 1 0
7. Saya ahli “membaca yang tersirat” ketika
seseorang berbicara 3 2 1 0
8. Saya biasanya dapat mengetahui bagaimana
perasaan
orang lain terhadap saya
3 2 1 0
9. Saya dapat mengetahui perasaan seseorang
kendati ia
tak berbicara 3 2
1 0
10. Saya mengubah ekspresi emosi saya
tergantung dengan
siapa saya berhadapan
0 1 2 3
11. Saya dapat mengetahui bila orang yang
dekat dengan saya
sedang kesal
3 2 1 0
|
|
|
|
Jumlah I.3.
|
|
|
Bagian
II. Kecakapan EQ
Skala
2.1. Intensionalitas
No. Uraian
Skor tanggapan
1. Saya menyelesaikan hampir semua yang saya mulai 3 2
1 0
2. Saya tahu cara menghargai diri sendiri
sesudah meraih
sesuatu sasaran
3 2 1 0
3.Saya dapat menyingkirkan dahulu
imbalan-imbalan jangka
pendek demi sasaran jangka panjang 3 2
1 0
4.Saya dapat memusatkan perhatian saya pada
suatu tugas
sampai selesai bila saya harus demikian 3 2 1 0
5. Saya mengerjakan hal-hal yang belakangan
saya sesali 0
1 2 3
6. Saya menerima tanggung jawab atas
pengelolaan
emosi saya
3 2
1 0
7.Ketika berhadapan dengan suatu masalah,
saya suka
mengurusinya selekas mungkin
3 2 1 0
8.Saya berpikir tentang yang saya inginkan
sebelum
bertindak
3 2
1 0
9.Bila suasana hati saya sedang jelek, saya
dapat
membicarakannya dengan diri sendiri
3 2 1 0
10. Saya marah apabila di kritik 0 1
2 3
11. Saya sering tidak mengetahui penyebab
kemarahan saya 0 1
2 3
|
|
|
|
Jumlah II.1.
|
|
|
Skala
II.2. Kreativitas
No. Uraian
Skor tanggapan
1. Saya berperan serta dalam berbagai
informasi dan gagasan 3 2 1 0
2. Gagasan terbaik saya muncul ketika saya
sedang tidak
memikirkannya
3 2
1 0
3.Saya mempunyai gagasan gagasan cemerlang
baik yang berupa
kilasan maupun yang tampak secara utuh 3 2
1 0
4.Saya memiliki penginderaan yang baik
mengenai kapan suatu
gagasan akan berhasil atau gagal
3
2 1 0
5. Saya tergerak oleh
konsep konsep yang baru dan tidak lazim
3 2
1 0
6. Saya telah menerapkan
proyek proyek inovatif di perusahaan
Saya
3 2
1 0
7. Saya tergerak oleh
gagasan gagasan dan solusi solusi baru
3 2 1 0
8. Saya ahli dalam
menggodok pemecahan masalah sampai
menghasilkan sejumlah pilihan
3 2 1 0
|
|
|
|
Jumlah II.2.
|
|
|
Skala
II.3. Ketangguhan
No. Uraian
Skor tanggapan
1.Saya dapat memperoleh yang saya butuhkan
jika tekad saya
sudah bulat
3 2 1 0
2.saya mudah menunggu antrian dengan sabar
bila harus
demikian 3
2 1 0
3. Selalu ada lebih dari
satu jawaban yang benar 3 2 1 0
4. Saya tahu cara
memuaskan seluruh bagian dalam diri saya
3 2 1 0
5. Saya bukan orang yang
suka menangguhkan suatu pekerjaan 3 2 1 0
6. Saya takut mencoba
lagi bila sudah pernah gagal dalam
pekerjaan yang sama
0 1 2 3
7. Saya memutuskan bahwa
masalah masalah tertentu tidak
berharga untuk di cemaskan
3 2 1 0
8. Saya menyantaikan
diri bila mulai tegang 3
2 1 0
9. saya dapat melihat
sisi humor suatu situasi 3
2 1 0
10. Saya sering
menyampingkan dahulu suatu masalah untuk
mendapatkan perspektif yang lebih
baik
3 2 1 0
11. Bila menghadapi suatu masalah, saya
memusatkan perhatian
pada yang dapat saya perbuat untuk
memecahkannya 3 2 1 0
|
|
|
|
Jumlah II.3.
|
|
|
Skala
II.4. Hubungan antar Pribadi
No. Uraian
Skor
tanggapan
1. Saya merasa tak nyaman bila seseorang
terlalu dekat
secara emosional dengan saya
0 1
2 3
2. Saya banyak menumbuhkan rasa sayang kepada
teman
teman saya
3 2 1 0
3.Bila mempunyai masalah, saya tahu harus
pergi kemana
dan harus berbuat apa untuk
memecahkannya
3 2 1 0
4.Keyakinan dan nilai nilai yang saya anut
menuntut
tindakan saya sehari hari
3 2 1 0
5. Keluarga saya selalu
siap bila saya membutuhkan mereka
3 2 1 0
6. Saya ragu tentang
apakah teman teman sungguh peduli
kepada saya sebagai pribadi
3 2 1 0
7. Saya sulit untuk
mendapatkan teman
3 2 1 0
8. Saya hampir tidak
pernah menangis
3 2 1 0
|
|
|
|
Jumlah II.4.
|
|
|
Skala
II.5. Ketidak puasan Konstruktif
No. Uraian
Skor tanggapan
1.Saya tidak akan mengungkapkan perasaaan
saya jika saya
yakin bahwa itu akan menimbulkan perbedaan
pendapat 0 1
2 3
2.Saya tetap tenang bahkan dalam situasi yang
membuat
orang lain marah 3 2
1 0
3.Lebih baik tidak membuat masalah bila saya
dapat
menghindarinya
0 1 2 3
4.Saya merasa sulit mencapai kata sepakat
dengan rekan rekan
sekerja saya
3 2 1 0
5.Saya mencari umpan balik dari rekan rekan
kerja saya
mengenai kinerja saya
3 2
1 0
6.Saya ahli dalam mengorganisasi dan
memotivasi seluruh
kelompok
3 2 1 0
7.Saya senang menghadapi tantangan dan
memecahkan
masalah dalam pekerjaan
3 2 1 0
8.Saya mendengarkan kritik dengan pikiran
terbuka dan
menerimanya bila dapat dibenarkan
3 2 1 0
9.Saya membiarkan masalah mencapai titik
kritis sebelum
membicarakannya
0 1 2 3
10.Bila melontarkan
komentar yang kritis, saya memusatkan
perhatian pada perilaku bukan pada
orangnya 3
2 1 0
11. Saya menghindari
konfrontasi
0 1 2 3
|
|
|
|
Jumlah II.5.
|
|
|
Bagian
III. Nilai nilai EQ dan keyakinan
Bagian
III.1. Belas kasihan
No. Uraian Skor
tanggapan
1. Saya dapat membaca emosi orang lain dari
bahasa
tubuh mereka
3 2 1 0
2. saya tidak akan ragu meninggalkan
kesibukan saya guna
menolong orang yang kesulitan
3 2
1 0
3.Saya memperhitungkan perasaan orang lain
dalam berinteraksi
dengan mereka
3 2
1 0
4. Saya dapat
menampakkan diri dalam kedudukan orang lain 3
2 1 0
5. Ada beberapa orang yang tidak akan pernah
saya maafkan 0 1
2 3
6. Saya dapat memaafkan
diri sendiri karena tidak sempurna
3 2 1 0
7. ketika berhasil
mengerjakan sesuatu, saya sering merasa
sesungguhnya bisa lebih baik
0 1 2 3
8. Saya membantu orang
lain menjaga harga dirinya dalam
suatu situasi sulit
3 2 1 0
9. Saya terus
mencemaskan kekurangan kekurangan saya 0 1
2 3
10. Saya iri kepada
orang lain yang lebih mampu
daripada saya 0 1
2 3
|
|
|
|
Jumlah III.1.
|
|
|
Skala
III.2. Sudut pandang
No. Uraian
Skor tanggapan
1. Saya mencintai hidup saya
3 2 1 0
2. Saya percaya segala sesuatu biasanya
membaik dengan
sendirinya
3 2 1 0
4.Saya terus merasa frustasi dalam hidup ini
karena banyak
orang yang ingkar janji
0 1 2 3
5. Saya melihat
tantangan sebagai peluang untuk belajar 3
2 1 0
6. Dibawah tekanan, saya
percaya akan mendapatkan sebuah
pemecahan
3 2 1
0
|
|
|
|
Jumlah III.2.
|
|
|
III.3.
Intuisi
No. Uraian Skor
tanggapan
1. Firasat saya biasanya benar
3 2 1 0
2. Saya dapat melihat produk atau gambaran
akhir meskipun
saat ini belum selesai
3 2 1 0
3.Saya percaya dengan impian saya meskipun
orang lain tidak
dapat melihat atau memahami semua itu 3 2 1 0
5.Ketika dihadapkan dengan pilihan yang
sulit, saya mengikuti
kata hati saya
3 2 1 0
6. Begitu telah membulatkan tekad, saya
jarang mengubahnya 0 1
2 3
7. Orang mengatakan bahwa saya dapat
meramal 3 2
1 0
8. Ketika seseorang menyampaikan pandangan
yang berbeda
dari saya, saya sulit menerimanya
0 1 2 3
9. Saya mengandalkan dorongan hati ketika
membuat keputusan 3 2
1 0
|
|
|
|
Jumlah III.3.
|
|
|
Bagian
III.4. Radius kepercayaan
No. Uraian
Skor tanggapan
1. Saya percaya sampai saya mempunyai alasan untuk
tidak
demikian
0 1 2 3
2. Saya menghormati teman teman saya
3 2 1 0
3. Orang orang yang setara dengan saya di
perusahaan saya
mendapatkan yang lebih baik (misalnya kenaikan gaji, promosi,
peluang, dsb) dari pada saya
0 1 2 3
4. Orang orang yang menjadi rekan kerja
saya dapat dipercayai 3 2
1 0
5. Rasanya saya tidak dapat berbuat
banyak
0 1 2 3
6. Sedikit sekali dalam hidup ini yang adil
atau layak 0 1
2 3
7.Ketika sesuatu hal tidak beres, saya
mencoba mengatasinya
dengan rencana alternative
3 2 1 0
8. Ketika bertemu dengan orang orang baru,
sedikit sekali
informasi pribadi yang saya ungkapkan kepada mereka 0 1
2 3
|
|
|
|
Jumlah III.4.
|
|
|
Skala
III.5. Daya pribadi
No. Uraian
Skor tanggapan
1. Nasib memainkan peranan yang penting dalam hidup
saya 0 1
2 3
2. Keadaan sudah diluar kendali saya
0 1 2 3
3. Saya membutuhkan pengakuan dari orang
lain untuk
menjadikan karya saya terasa berharga 0 1
2 3
4. Saya mudah menyukai sesuatu
3 2 1 0
5. Saya sulit menerima pujian
3 2 1 0
6. Saya mempunyai kemampuan mendapatkan
yang saya
inginkan
0 1 2 3
7. Saya merasa dapat mengendalikan hidup
saya 3 2 1 0
8. Kalau saya merenungkan hidup saya, saya mungkin
Menemukan bahwa pada dasarnya saya tidak berbahagia 0
1 2 3
9.Saya merasa takut dan lepas kendali
apabila segala sesuatu
berubah dengan cepat 0 1
2 3
10. Saya senang dan bertanggung jawab atas
sesuatu 3 2
1 0
11. Saya tahu yang saya inginkan sesudah
ini
3 2 1 0
|
|
|
|
Jumlah III.5.
|
|
|
Skala
III.6. Integritas
No. Uraian
Skor tanggapan
1. Saya merasa seperti seorang penipu 0 1
2 3
2. Pekerjaan saya adalah perpanjangan dari
system nilai pribadi
saya
3 2 1 0
3. Saya tidak pernah berbohong
3 2 1 0
4.Saya bisa menerima suatu situasi meskipun
tidak
mempercayainya
0 1 2 3
5. Saya membesar besarkan kemampuan saya
agar memperoleh
kesempatan yang lebih baik
0 1
2 3
6. Saya berterus terang meskipun yang saya
hadapi sulit 3 2
1 0
7. Saya telah mengerjakan sesuatu dalam
pekerjaan saya yang
bertentangan dengan keyakinan saya 0 1
2 3
|
|
|
|
Jumlah III.6.
|
|
|
Table
Penilaian Kecerdasan Emosionil (EQ)
Menurut
Tingkat Kecerdasan:
EQ
|
Skor
|
Tingkat
Penilaian Kecerdasan
|
||||
Bodoh
|
Biasa
|
Pintar
|
Berhikmat
|
Super
|
||
Ketrampilan Emosi
- Kesadaran diri & emosi
- Ekspresi emosi
- Kesadaran emosi terhadap orang lain
Kecakapan EQ
- Intensionalitas
- Kreativitas
- Ketangguhan
- Hubungan antar pribadi
- Ketidakpuasan konstruktif
Nilai nilai EQ dan keyakinan
- Belas kasihan
- Sudut pandang
- Intuisi
- Radius kepercayaan
- Daya pribadi
- Integritas
|
|
0-15
0-9
0-11
0-17
0-11
0-17
0-14
0-16
0-17
0-9
0-14
0-12
0-20
0-9
|
16-18
10-12
12-16
18-21
12-13
18-22
15-17
17-21
18-23
10-12
15-17
13-15
21-23
10-11
|
19-21
13-15
17-21
22-25
14-16
23-26
18-20
22-26
24-26
13-14
18-21
16-18
24-26
12-13
|
22-24
16-18
22-25
26-29
17-20
27-30
21-22
27-30
27-28
15-16
22-24
19-21
27-29
14-16
|
25-27
19-21
26-33
30-33
21-24
31-33
23-24
31-33
29-30
17-18
25-27
22-24
30-33
17-21
|
TOTAL
NILAI EQ
|
|
≤ 60
|
61-116
|
117-172
|
173-228
|
≥ 229
|
Table
Penilaian Kecerdasan Emosionil (EQ)
Menurut
Sifatnya:
EQ
|
Skor
|
Tingkat
Penilaian
|
|||
Waspada
|
Rentan
|
Istimewa
|
Optimal
|
||
KetrampilanEmosi
- Kesadaran diri & emosi
- Ekspresi emosi
- Kesadaran emosi terhadap orang lain
Kecakapan EQ
- Intensionalitas
- Kreativitas
- Ketangguhan
- Hubungan antar pribadi
- Ketidakpuasan konstruktif
Nilai nilai EQ
dan keyakinan
- Belas kasihan
- Sudut pandang
- Intuisi
- Radius kepercayaan
- Daya pribadi
- Integritas
|
|
0-15
0-9
0-11
0-17
0-11
0-17
0-14
0-16
0-17
0-9
0-14
0-12
0-20
0-9
|
16-19
10-13
12-17
18-22
12-14
18-23
15-18
17-22
18-24
10-13
15-18
13-16
21-24
10-12
|
20-23
14-16
18-22
23-27
15-18
24-28
19-22
23-28
25-27
14-16
19-23
17-20
25-28
13-14
|
24-27
17-21
23-33
28-33
19-24
29-33
23-24
29-33
28-30
17-18
24-27
21-24
29-33
15-21
|
TOTAL
NILAI EQ
|
|
≤ 60
|
61-116
|
117-172
|
≥ 173
|
TEST
TINGKAT KECERDASAN SQ
Pada bagian ini akan
diberikan test untuk menentukan tingkat kecerdasan Spirituil (SQ). Test ini
terdiri dari 24 pertanyaan mengenai kepercayaan diri, pertumbuhan kepercayaan
dan nilai-nilai SQ dan keyakinan.
Pada setiap pertanyaan diberikan uraian pertanyaan
untuk dijawab dan dikerjakan dengan secepat mungkin dan benar dalam waktu 1 jam
tanpa melihat lembaran jawaban,
berapa jumlah soal yang dapat anda jawab dalam waktu 1 jam itulah kemampuan
anda. Setiap pertanyaan diberi pilihan jawaban a, b, c atau d yang harus
dipilih salah satu darinya yang menurut pikiran atau pendapat anda itu sebagai
jawaban yang benar.
Setelah
selesai memberi jawaban terhadap uraian pertanyaan yang diberikan, cocokkan
jawaban anda dengan lembaran jawaban yang diberikan, jumlahkanlah skor anda
sesuai jawaban yang benar dengan cara mengalikan banyaknya jawaban yang benar
dengan 4.5 dan jika salah dikalikan dengan 0, selanjutnya itulah nilai
kecerdasan SQ anda. Kemudian gabungkan skor SQ anda dengan skor kecerdasan
lainnya untuk mendapatkan nilai kemampuan hidup anda.
Berikut
ini pertanyaan kecerdasan SQ:
1.Semua agama tujuannya adalah baik, agama
artinya:
a. Kacau balau b. Tidak kacau balau
c. Keyakinan d. Spirituil
2. Agama
dan aliran kepercayaan yang dianut bangsa Indonesia ada berapa jenis:
a. 5 agama dan 1 aliran kepercayaan
b. 4 agama dan 1 aliran kepercayaan
c. 3 agama dan 1 aliran kepercayaan
d. 6 agama dan 1 aliran kepercayaan
3. Jumlah Nabi dari jaman
dulu hingga jaman sekarang ada berapa jumlahnya:
a. 22 b.
24
c. 23 d.
25
4. Hukum Tuhan yang utama dan
terutama adalah:
a. Tidak ada Tuhan selain Allah
b. Mengasihi Tuhan Allah dan mengasihi
sesama manusia
c. Memperlakukan sesama seperti
memperlakukan diri sendiri
d. Berbelas kasihan kepada orang lain
5. Isi semua
jenis kitab suci pada masing masing agama pada hakikatnya adalah sama yaitu
mengajarkan tentang:
a. Tidak ada Tuhan selain Allah
b. Mengasihi Tuhan Allah dan sesama
manusia
c. Memperlakukan sesama seperti
memperlakukan diri sendiri
d. Berbelas kasihan kepada orang lain
6. Manusia
pertama diciptakan Allah di taman Eden
yaitu pada hari penciptaan hari yang ke:
a. Terakhir (tujuh) b. Enam
c. Pertama (satu) d. Lima
7. Hawa
(perempuan) yang diciptakan Tuhan menjadi penolong yang sepadan bagi pasangannya
Adam (laki-laki) adalah diciptakan dari:
a. Tanah b.
Air mani
c. Tulang rusuk Adam (laki-laki) d. daging Adam (laki-laki)
8. Manusia
pertama Adam dan Hawa, sejak jatuh kedalam dosa mereka baru menyadari bahwa
mereka telanjang, lalu mereka menutupi auratnya dengan dedauan. Penyebab mereka
jatuh kedalam dosa tersebut adalah karena:
a. Godaan Iblis b. Terjerat Nafsu keinginan hati
c. memakan buah terlarang d. Melanggar perintah
Tuhan
9. Untuk
pemulihan manusia yang berdosa, harus ada atau melalui korban penebusan salah
dan dosa, pertobatan dan pengampunan dosa dan kesalahan serta taat total pada
kuasa perintah Allah, bagaimana menurut saudara:
a. Setuju b.
benar
c. Tidak setuju d. Salah
10. Untuk
mencapai tujuan ke Sorga kepada Allah harus ada atau melalui suatu jalan, hidup
dan kebenaran, bagaimana pendapat saudara:
a. benar b.
Setuju
c. Salah d.
Tidak setuju
11. Dengan
tingkat/radius kepercayaan dan keyakinan yang Saudara miliki apakah Saudara
merasa sudah dekat atau paling dekat kepada Allah:
a. Ya b.
Ya dan Tidak
c. Tidak d.
Tidak ada jawaban
12.
Siapakah manusia pertama dimuka bumi ini yang disebut sebagai “Pemimpin pertama
di bumi”
a. Musa b.
Abraham
c. Yakub (Israel ) d. Isa (Yesus)
13. Semua perbuatan
dosa dibawah ini menyebabkan akibat dosa terjadi diluar tubuh orang yang
melakukannya, kecuali:
a. membunuh b. Berzinah
c. Mencuri d.
Berdusta
14. Bila
memandang seseorang perempuan (wanita) cantik oleh seorang pria (laki-laki)
lalu ingin memilikinya atau bila memandang seseorang laki laki (pria) tampan
oleh seorang wanita (perempuan) lalu ingin memilikinya, bagaimana menurut anda
pernyataan tersebut:
a. belum berdosa b. Sudah berdosa
c. Berdosa d.
Tidak apa-apa
15.
Bagaimana pendapat anda tentang “orang yang bodoh” bila dilihat dari sudut
pandang agama (pandangan Allah):
a. Orang bodoh tetap tidak pintar
b. Orang bodoh yang dari Allah lebih besar
hikmatnya dari manusia
c. Orang bodoh yang dari Allah adalah
lemah
d. Orang bodoh adalah orang lemah
16. Pada sebagaian orang
dalam memilih makanan dari segala jenis makanan yang ada, ada yang memakan
makanan yang dipandang haram. Bagaimana menurut anda:
a. melarang orang tersebut untuk tidak
memakannya
b. Semua pohon pohonan, hewan dan binatang
yang diciptakan Tuhan ada yang haram dan yang halal
c. Semua ciptaan Tuhan adalah baik
d. Kalau mau makan harus
memeriksa makanannya terlebih dahulu.
17. Bila Saudara mengetahui
seorang dari teman anda telah berbuat sesuatu kesalahan yang dapat mendatangkan
dosa, hal pertama yang harus Saudara lakukan adalah;
a. Membiarkannya
b. Membawanya ke pihak yang berwajib
c. Menegor dan menasehatinya secara 4 mata
d. Menghardik dan memukulnya.
18. dari 10 perintah (hukum)
Allah, perintah yang mengatur tentang hak dan milik seseorang yang menjadi
dasar dari pembentukan undang-undang dan peraturan yang mengatur hubungan antar
sesama mengenai hak dan milik adalah perintah (hukum) yang ke berapa dan
mempunyai hubungan seri dengan perintah (hukum) yang ke berapa:
a. 9 dan 7 b.
10 dan 7
c. 9 dan 6 d.
10 dan 6
19. Tanda tanda akhir
jaman adalah seperti dibawah ini, kecuali:
a. Huru hara dan perang disana sini
b. mementingkan diri sendiri
c. Bintang bintang dan bulan berguguran
d. kawin dan mengawinkan.
20. Bila hari kiamat
terjadi, apakah kehidupan selanjutnya:
a. Hidup seperti biasanya
b. Akan ada langit yang baru
dan orang mati akan bangkit dan orang hidup akan terangkat ke angkasa
c.
tetap langit seperti dulu, tetapi orang mati akan bangkit dan orang hidup akan
terangkat ke angkasa.
d. Kehidupan yang berbeda dilangit yang
baru.
21.
Percayakah Saudara bila pasti akan ada hari kiamat, dan apa maksud rencana hari
kiamat tersebut:
a. Percaya, untuk kehidupan yang lebih sejahtera
hanya bagi umat beragama yang mayoritas.
b. Percaya, untuk kehidupan yang lebih
sejahtera bagi seluruh umat manusia.
c. Tidak percaya, karena mendatangkan
bahaya dan kesusahan
d. Tidak percaya, karena tak ada gunanya
22.
Setiap manusia tidak luput dari pencobaan, mengapa ada pencobaan yang dialami
dalam hidup, disebabkan oleh karena apa:
a. Pencobaan datangnya dari Tuhan
b. Pencobaan dari Iblis
c. karena ulah perbuatan manusia itu
sendiri
d. Karena hukum karma
23. Di
dunia ini ada beberapa aliran kepahaman keTuhanan, paham yang menyebutkan
adanya satu Tuhan disebut:
a. Atheis b.
Polytheis
c. Monotheis d. Theolog
24.
Pada sebagian orang yang pengalaman spiritualnya ada begitu banyak terjadi
dalam kehidupannya, mengapa hal demikian terjadi:
a. Orang tersebut orang saleh
b. Adanya bimbingan Roh yang Kudus
c. Orang tersebut suka berhayal dan
berilusi
d. Sudah bawaan dari lahir.
Tabel Penilaian Kecerdasan Spirituil (SQ)
Menurut Tingkat Kecerdasan
SQ
|
Skor
|
Tingkat
Penilaian Kecerdasan
|
||||
Bodoh
|
Biasa
|
Pintar
|
Berhikmat
|
Super
|
||
Total
|
|
≤ 66
|
67-97
|
98-118
|
119-128
|
≥ 129
atau
0
|
Tabel Penilaian Kecerdasan
Spirituil (SQ)
Menurut Sifatnya
SQ
|
Skor
|
Tingkat
Penilaian
|
|||
Waspada
|
Rentan
|
Istimewa
|
Optimal
|
||
Total
|
|
≤ 66
|
67 – 97
|
98-118
|
≥ 119
|
TEST
TINGKAT KECERDASAN VQ
Pada
bagian ini akan diberikan test untuk menentukan tingkat kecerdasan Perilaku
(VQ). Test ini terdiri dari 3 ketrampilan perilaku, kecakapan VQ, nilai-nilai
VQ dan budi.
Pada
bagian 1 terdiri dari 4 pertanyaan, bagian 2 terdiri dari 8 pertanyaan dan
bagian 3 terdiri dari 10 pertanyaan, jumlah seluruhnya ada 22 pertanyaan
Setiap bagian ukuran kemampuan diri VQ
dalam setiap bagian pertanyaan diberi uraian pertanyaan dan skor tanggapan
untuk dikerjakan dengan secepat mungkin dan sejujur mungkin dalam waktu 1 jam,
berapa jumlah soal yang dapat anda jawab dalam waktu 1 jam itulah kemampuan anda.
Adapun skor tanggapan tersebut diberi angka 0, 1, 2 dan 3 dalam setiap kolom
pertanyaan dan saudara harus memilih salah satu darinya yang menggambarkan
tanggapan anda, angka 3 berarti menggambarkan pikiran atau perasaan anda
terhadap hal yang diuraikan yang berarti setuju sekali, angka 2 berarti setuju,
angka 1 berarti kurang setuju dan angka 0 berarti tidak setuju sekali.
Setelah
selesai memberi tanggapan terhadap uraian pertanyaan yang diberikan, cocokkan jawaban
anda dengan skor tanggapan yang diberikan, jumlahkanlah skor tanggapan anda
tersebut untuk tiap lajur dan selanjutnya jumlahkan untuk masing masing bagian,
selanjutnya pindahkan skor anda untuk tiap tiap bagian ke table penilaian VQ
sesuai kolom masing masing bagian untuk mendapatkan nilai VQ anda. Kemudian
gabungkan skor VQ anda dengan skor kecerdasan lainnya untuk mendapatkan nilai
kemampuan hidup anda.
Berikut
ini pertanyaan kecerdasan VQ:
No. Uraian Skor
tanggapan
1. Saya ingin memperlakukan orang lain seperti
memperlakukan
diri sendiri
3 2 1 0
2. Saya ingin diperlakukan orang lain seperti
ia memperlakukan
dirinya sendiri
3 2 1 0
3. Saya membiarkan orang lain tidak tahu bila
mereka bekerja
kurang baik 0 1
2 3
4. Saya akan tidak melalukan apa-apa agar
tampak seperti
seorang Bos di depan teman teman
saya 0
1 2 3
|
|
|
|
Jumlah I.
|
|
|
Bagian
II. Kecakapan Perilaku
No. Uraian
Skor tanggapan
1.
Saya
mengharapkan imbalan dari pekerjaan bila setelah
Pekerjaan itu selesai saya kerjakan 3 2
1 0
2. Saya tidak mau menunda nunda pekerjaan,
tugas itu harus
selesai, bila saya harus demikian
3 2 1
0
3. Saya menerima tanggung
jawab atas pekerjaan yang diemban 3 2 1 0
4. Saya suka menjadi
“problem solver”, bila ada masalah saya
suka mengurusinya selekas mungkin
3 2 1 0
5.
Saya
berperan serta dalam berbagai pekerjaan di
lingkungan bidang pekerjaan saya
3 2 1 0
6.Saya tidak kerasan menunggu antrian dengan
sabar bila harus
demikian
0 1 2 3
7.Saya mengandalkan diri sendiri dari pada
mengandalkan teman
teman dalam masa masa sulit
0 1 2 3
8.Bila melontarkan komentar yang kritis, saya
memusatkan
perhatian pada orangnya, bukan pada
perilakunya 0 1
2 3
|
|
|
|
Jumlah II.
|
|
|
Bagian
III. Nilai nilai SQ dan Budi
No. Uraian
Skor tanggapan
1. Saya bertindak sesuka hati dalam berurusan
dengan orang lain 0 1 2 3
2. Saya akan segera
meninggalkan kesibukan saya guna
menolong orang lain yang membutuhkan
pertolongan 3
2 1 0
3.Ketika berhasil mengerjakan sesuatu, saya
sering merasa
hasilnya kurang baik lalu mengerjakannya kembali 0 1
2 3
4. Saya menyukai
perilaku saya yang ada 3 2
1 0
5. Bila tekad sudah
bulat, saya langsung melaksanakannya
0 1 2 3
6. Saya ingin teman
teman saya menghormati saya 3
2 1 0
7. Saya dapat membuat
sesuatu terjadi dengan segala macam
cara
0 1
2 3
8.Kalau saya merenungkan hidup saya, saya
mungkin
menemukan bahwa saya adalah seorang yang
berperilaku jahat 0 1 2 3
9. Saya seorang yang
jujur
3 2 1 0
10. Saya tahu kemampuan
saya terbatas untuk memperoleh
kesempatan yang lebih
3 2 1 0
|
|
|
|
Jumlah III.
|
|
|
Tabel Penilaian Kecerdasan Perilaku (VQ)
Menurut Tingkat Kecerdasan
Kecerdasan
VQ
|
Skor
|
Tingkat
Penilaian Kecerdasan
|
||||
Bodoh
|
Biasa
|
Pintar
|
Berhikmat
|
Super
|
||
1. Ketrampilan perilaku
2. Kecakapan VQ
3. Nilai nilai VQ dan Budi
|
|
0-5
0-10
0-14
|
6-7
11-16
15-21
|
8-9
17-20
22-26
|
10-11
21-24
27-31
|
12-13
25-27
32-34
|
Total Skor
|
|
>20-27
|
< 13
atau
>27-41
|
>14-20 atau
> 41
|
>27- 34
|
>34- 41
|
Tabel Penilaian Kecerdasan Perilaku (VQ)
Menurut Sifatnya
Kecerdasan
VQ
|
Skor
|
Tingkat
Penilaian Kecerdasan
|
|||
Waspada
|
Rentan
|
Istimewa
|
Optimal
|
||
1. Ketrampilan Perilaku
2. Kecakapan VQ
3. Nilai nilai VQ dan Budi
|
|
0-5
0-10
0-14
|
6-8
11-18
15-22
|
9-11
19-23
23-28
|
12-14
24-27
29-34
|
Total Skor
|
|
>20-27
|
< 13
atau
>27-41
|
>14-20
atau
> 41
|
>27- 41
|
Untuk
mendapatkan nilai kemampuan hidup anda atau tingkat Kecerdasan manusia anda agar dapat bertahan
Survive Life, penghitungannya menggunakan rumus sebagai berikut:
NKHM = {(IQ + EQ) x (SQ + VQ)} / {(IQ + EQ) + (SQ + VQ)}
Dimana:
NKHM = Nilai
Kemampuan Hidup Manusia, atau Tingkat Kecerdasan Manusia anda.
IQ = Nilai
Test Tingkat Kecerdasan IQ
EQ = Nilai
Test Tingkat Kecerdasan EQ
SQ = Nilai
Test Tingkat Kecerdasan SQ
VQ = Nilai
Test Tingkat Kecerdasan VQ
LEMBAR JAWABAN KECERDASAN IQ.
1.
d
2.
c
3.
c
4.
a
5.
c
6.
a
7.
c
8.
c
9.
b
10.
c
11.
b
12.
c
13.
a
14.
c
15.
d
16.
b
17.
a
18.
a
19.
c
20.
d
21.
a
22.
d
23.
c
24.
a
25.
c
26.
b
27.
c
28.
d
29.
30.
31.
32.
LEMBAR JAWABAN KECERDASAN SQ
1.
b
2.
d
3.
b
4.
b
5.
c
6.
b
7.
c
8.
b
9.
a
10.
b
11.
d
12.
b
13.
b
14.
b
15.
b
16.
c
17.
c
18.
b
19.
d
20.
b
21.
b
22.
c
23.
c
24.
b
Untuk
mengukur nilai kecerdasan dan NHKM seseorang manusia normal dengan menggunakan test
pengujian IQ, EQ, SQ dan VQ yang diberikan ini, mungkin bagi anda belumlah
dapat dijadikan sebagai suatu standar alat ukur yang pas yang diberikan, oleh
karena kekurangan isi dan materi uraian pertanyaan yang diberikan oleh penulis
sebab penulis bukanlah seorang ahli psikolog.
Untuk
itu saran dan kritik dari berbagai pihak terutama sekali dari mereka para ahli
psikolog yang tugas utamanya menggeluti bidang psikologi yang telah lebih dulu dan
banyak mengetahui, mengerti dan menguasai di bidangnya, adanya suatu ukuran
standard yang dapat dipakai untuk menentukan nilai kecerdasan dan NHKM
seseorang manusia normal sebab apakah uraian pertanyaan yang diberikan oleh
penulis jumlah soalnya kurang banyak atau isi materi uraian pertanyaan yang
diberikan pada setiap unsur kecerdasan IQ, EQ, SQ dan VQ yang diberikan muatan
isi dan materinya kurang berbobot bila dibanding isi dan materi yang ada pada
mereka ahli psikolog.
Tetapi
penulis memberikan semua ini adalah hanya sebagai contoh test pengujian
kecerdasan IQ, EQ, SQ dan VQ untuk mendapatkan nilai kecerdasan dan NHKM
seseorang manusia normal, adapun contoh yang diberikan bersumber dari
pengetahuan penulis sendiri yang diperoleh dalam pendidikan bersekolah selama
ini.
Jadi
para pembaca yang budiman sekalian, penulis memohon harap maklum akan apa
adanya muatan isi dan materi tulisan ini.
KUNCI JAWABAN KECERDASAN IQ
1. Diketahui A=1,2,3,4,5 angka terakhirnya
adalah 5
5
merupakan angka pertama pada susunan angka yang baru tetapi tidak dipakai
Susunan
angka yang baru adalah 5,6,7,8,9 menjadi 6,7,8,9
Kunci: d
2. Diketahui susunan angka 4,2,3,1
Angka pertama susunan yang baru = angka
pertama susunan lama +1
= 4+1 =
5
Maka susunan angka yang baru adalah
5,6,7,8
Kunci: c
3.
Diketahui Notai musik 1 3 2 4
Notasi musik yang baru yang nadanya lebih
tinggi dari dari notasi musik yang
diberikan, sesuai dengan urutan nadanya adalah nada nada 5 7 6 1’
Kunci: c
4.
Diketahui notasi musik 1 2 3 4 5
Nada pertama notasi yang baru = nada terakhir notasi yang diberikan
= 5
Sesuai dengan urutan nadanya adalah nada 5 7 6 1’
Kunci:
a
5.
Diketahui grup I = 8, 7, 6, 5
Angka pertama pada grup II = angka terakhir pada grup I = 5
Maka susunan angka pada grup II = 5, 4, 3, 2
Maka Angka pertama pada grup III = angka terakhir pada grup II = 2
Kunci: c
6. Diketahui A = 5, 6, 8, 7, 9 dan B = 1, 2, 4, 3, 5
Irisan dari A dan B = A ∩ B = 5 yang satu
akli ditulis
Maka susunan angka grup B kemudian diikuti
grup A adalah 1, 2, 4, 3, 5, 6, 8, 7, 9
Kunci: a.
7. Bentuk bangun bila
diputar 2700 kekanan akan menjadi bentuk
Kunci : c
8. Diketahui susunan angka 1, 2, 3, 4 ada
sebanyak 4 angka
Susunan sampai tingkat kelima adalah sampai
4*5 = 20
Maka 4 angka yang keenam berikutnya adalah:
21, 22, 23, 24
Kunci: c
9. Diketahui angka 5 ∞ 3, 6, 9, 12, 15
merupakan 5 angka kelipatan 3
Maka angka 4 ∞ angka kelipatan 2 yang angka
pertamanya adalah 2
Kunci: b
10. Diketahui:
↑ ↓
5
|
2
|
4
|
3
|
3
|
4
|
↑
maka angka terakhir disusunan kedua biladipergunakan adalah 2.
Kunci: c
11. Diketahui: grup I
↑ ↑
8
|
7
|
6
|
Dan grup II
↓ ↓
5
|
6
|
7
|
Maka angka pertama pada grup II bila
digunakan adalah 7
Kunci: b
12. Diketahui angka 4 ∞ 3, 6, 9, 12, 15
Maka angka 3 ∞ 2, 4, 6, 8, 10 yang urutan
angka ketiganya adalah 6.
Kunci: c
13.
Diketahui grup I:
↑
↑
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
dan grup II:
↓
↓
4
|
11
|
18
|
|
|
5
|
12
|
19
|
|
|
6
|
13
|
20
|
|
|
7
|
14
|
21
|
|
|
8
|
15
|
22
|
|
|
9
|
16
|
23
|
|
|
10
|
17
|
|
|
|
Angka pada bari 2 kolom 3 di grup II adalah 23 sesuai
dengan baris dan kolom pada grup I
Kunci: a
14. bangun bila
dibalikkan keatas akan menjadi
kunci: c
15. Diketahui susunan angka: 1, 2, 3, 4, 5
Angka pertama mendahului angka ke-3 susunannya
adalah: 1, 3, 4, 5, 6 yang urutannya menaik
Kunci: d
16. Diketahui susunan angka: 2, 3, 4, 5, dan 6
susunan
angka yang baru dengan angka pertama = urutan angka kedua yang diberikan = 3
adalah: 3, 4, 5, 6, 7
maka angka keduanya adalah 4
kunci: b
17. Diketahui susunan angka 1, 2,3, 4, 5 dan 6
↓ ↓
1
|
4
|
2
|
5
|
3
|
6
|
Angka pada baris 1 kolom 2 bila digunakan
adalah 6 (urutan baris dan kolom dari bawah ke atas)
Kunci: a
18. Diketahui grup I:
↓ ↓
1
|
4
|
2
|
5
|
3
|
6
|
Dan grup II:
↓ ↓
5
|
8
|
6
|
9
|
7
|
10
|
Angka di baris 3 kolom 2 adalah 8
Kunci: a
19. Diketahui susunan angka: 3, 2, 6, 5, 5
angka kedua susunan angka yang baru > 2
dan < 6 yaitu kemungkinannya adalah
angka 3, 4 atau 5
yang bisa memungkinkan adalah: 3, 3, 6, 5,
5
kunci: c
20. Diketahui: susunan angka 1, 2, 4, 5 dan 5
Urutan angka ke-4 dinaikkan 3 angka = 5 + 3
= 8
Susunan angka berikutnya yang I adalah: 1,
2, 4, 8, 5
Yang ke II
adalah: 1, 2, 4, 11, 5
Yang ke III adalah: 1, 2, 4, 14, 5
Kunci: d
21. Diketahui susunan angka: 1, 2, 3 dan 4
Angka susunan I adalah: 5, 6, 7, 8
Susunan II adalah: 9, 10, 11, 12
Susunan III adalah: 13, 14, 15, 16
Maka angka urutan kedua pada susunan III
tersebut adalah: 14
Kunci: a
22. Diketahui susunan angka: 1, 2, 3, 4, 5, 6,
7, 8
urutan angka pertama menempati urutan angka
ketiga berarti angka 3 menjadi 1 (berkurang 2 angka)
sehingga angka terakhir 8 berkurang juga 2
angka
kunci: d
23. Diketahui susunan angka; 2, 2, 6, 3, 5 dan
7
Angka susunan berikutnya adalah: …, 3, …,
6, …, …
Susunan I angka yang baru yang urutan angka
keduanya naik 1 angka dari angka 2 = 3
Susunan II angka yang baru yang urutan
angka keduanya naik 1 angka dari angka 3 = 4
Susunan III angka yang baru yang urutan
angka keduanya naik 1 angka dari angka 4 = 5
Kunci: c
24. Diketahui: 1 2
hubungan seri
Maka total penjumlahan hubungan seri
adalah: 1 + 2 =3
Adalah lebih besar dari nilai masing masing
angka yang diberikan.
Kunci: a
25.
Diketahui: Hubungan paralel
1
2
Maka total penjumlahan hubungan parallel =
(1 * 2) / (1 + 2) = 2/3
Adalah lebih kecil dari masing masing nilai
angka yang diberikan.
Kunci: c
26.
Diketahui 3 angka disusun parallel:
1
3
Total
penjumlahan parallelnya adalah : 1/x =1/1 + ½ + 1/3
X= (1 * 2 * 3)
/ {(2*3) + (1*3) + (1*2)}
=6/ 11
Bila elemen/angka
3 dihilangkan maka x = (1*2) / (1+2) = 2/3
Dimana 2/3 >
6/11 maka totalnya menjadi bertambah
Kunci: b
27. Diketahui:
4 2 3 1
+ =
6 4 x
=
X = 6 +
4 = 10
28. Dari soal
nomor 27
4 2
3 1
6
4
x
X = (6 * 4) / (6+4) = 24/10
Kunci: d.
29.
30.
31.
32.
KUNCI JAWABAN KECERDASAN SQ
1. Agama artinya tidak kacau balau
kunci: b
2. Agama dan aliran kepercayaan pada bangsa Indonesia :
a. Islam
b. Kristen katolik
c. Kristen protestan
d. Hindu
e. Budha
f. Khonghuchu
Dan 1
aliran kepercayaan: percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa
Kunci: d
3. Dari nabi zaman awal dari Nabi Adam hingga
nabi zaman akhir Nabi Yesus Kristus (Isa Almasih) ada genap jumlahnya 24.
kunci: c
4. Hukum Tuhan yang utama dan terutama adalah
mengasihi Tuhan Allah dengan segenap hati dan segenap pikiran dan dengan
segenap akal budi serta mengasihi sesama manusia.
kunci: b
5. Isi kitab suci adalah mengajarkan
memperlakukan orang lain seperti memperlakukan diri sendiri.
kunci: c
6. Pada hari keenam hari penciptaan, Allah
menciptakan manusia sesudah menciptakan hewan, ternak dan binatang.
Kunci: b
7. Hawa (perempuan) diciptakan Allah adalah
dari tulang rusuk Adam (laki-laki)
Kunci: c
8. Adam dan Hawa jatuh kedalam dosa karena
mereka terjerat oleh nafsu keinginan hati, lalu iblis datng menggoda mereka,
lalu mereka memakan buah terlarang sehingga mereka telah melanggar Perintah
Allah.
Kunci: b
9. Kunci: a. Setuju
10. Kunci: b. Setuju
11. Orang yang dekat pada sisi Tuhan Allah
hanya Tuhan lah yang menentukannya
Kunci: d
12. Abraham adalah seorang Nabi yang digelari
sebagai pemimpin pertama di muka bumi ini.
Kunci: b.
13. Berzinah adalah perbuatan dosa yang
akibatnya terjadi dalam diri orang yang melakukannya.
Kunci: b
14. Sudah berdosa didalam hatinya bila
seseorang pria atau wanita memandang seseorang wanita/pria lalu ingin
memilikinya.
kunci: b.
15. Orang bodoh yang dari Allah lebih besar
hikmatnya dari manusia dan orang lemah dari Allah lebih kuat dari manusia.
Kunci: b.
16. Semua ciptaan Tuhan adalah baik, segala
sesuatu dikuduskan oleh Firman Tuhan, doa dan puasa.
Kunci: c.
17. Hal pertama yang harus dilakukan bila seseorang
berbuat kesalahan adalah menegor dan menasehatinya secara 4 mata agar
kesalahannya tersebut tidak mendatangkan dosa.
Kunci: c
18. Perintah (hukum) Allah yang ke-10 adalah
jangan ingin mengingini harta milik orang lain, baik istrinya baik keledainya baik
sesuatu harta milik orang lain. Perintah (hukum) Allah yang ke-10 ini
berhubungan seri dengan perintah (hukum) Allah yang ke-7 jangan berzinah, yang
ke-8 jangan mencuri dan perintah (hukum) ke-9 jangan bersaksi dusta terhadap
sesama.
Dan
perintah (hukum) Allah yang ke-10 ini mempunyai hubungan parallel dengan
perintah (hukum) Allah yang ke-5 hormatilah orang tuamu, yang ke6 jangan
membunuh dan perintah (hukum) Allah yang ke-1 Aku (tuhan Allah) adalah Allah
yang cemburu,yang ke-2 jangan ada padamu allah lain dihadapanku selain Tuhan
Allah, yang ke-3 jangan menyebut nama Tuhan Allah dengan sembarangan, dan yang
ke-4 kuduskanlah hari Tuhan (Perintah/hukum Allah yang ke-1, ke-2, ke-3 dan
ke-4 ini berhubungan seri dengan perintah/hukum Allah yang ke-5 dan yang ke-6).
Kunci: b
19. Pada menjelang akhir jaman, manusia tetap
melakukan kawin dan mengawinkan
kunci: d
20. Kehidupan selanjutnya setelah hari kiamat
adalah adanya langit yang baru dan orang mati akan bangkit dahulu dan orang
hidup akan terangkat ke angkasa.
Kunci: b
21. Rencana hari kiamat tersebut adalah untuk
kehidupan yang lebih baik lebih sejahtera bagi seluruh umat manusia yang
percaya kepada Tuhan Allah.
Kunci: b
22. Pencobaan dalam hidup manusia datangnya
bukan dari Allah tetapi dari hasil perbuatan ulah perilaku manusia itu sendiri.
Tuhan Allah tidak pernah mencobai umat manusia.
kunci: c
23. Monotheis artinya kepahaman/kepercayaan
adanya satu Tuhan
Kunci; c
24. Pengalaman spiritual pada seseorang dapat
terjadi karena dorongan dan bimbingan Roh Kudus
Kunci: b
Tidak ada komentar:
Posting Komentar