Dapatkan Uang, klik link ini http://projects.id/uangberkah

Sabtu, 06 Juni 2020

Jenis Layanan Cloud Computing


Jenis Layanan Cloud Computing

Jenis Layanan Cloud Computing - Teknologi berbasis cloud computing yang menjamur di dunia, dan juga Indonesia, telah menjadi salah satu instrumen besar yang bermain di era ekonomi yang mengganggu saat ini. Banyaknya keunggulan yang diberikan teknologi ini kepada penggunanya membuat perusahaan besar seperti Microsoft, Adobe, IBM dan lainnya berpartisipasi dalam mengembangkan solusi berbasis cloud.
Di Indonesia, komputasi awan dapat diartikan sebagai komputasi awan, yang merupakan kombinasi teknologi yang memanfaatkan komputer (komputasi atau komputasi) dan pengembangan berbasis internet (dalam hal ini disebut "cloud" atau cloud). Jadi, cloud adalah istilah yang diberikan untuk teknologi yang dapat diakses melalui jaringan internet.
Dalam teknologi berbasis cloud, semua data terletak dan disimpan di server yang dapat diakses melalui internet, serta aplikasi atau perangkat lunak. Ini berarti Anda tidak perlu lagi menginstal aplikasi pada perangkat Anda. Sebaliknya, Anda hanya perlu terhubung ke internet untuk mengakses data dan menjalankan aplikasi yang ada di cloud.
Ada tiga jenis / tingkat layanan berbasis cloud, yaitu Saas (Perangkat Lunak sebagai Layanan), IaaS (Infrastruktur sebagai Layanan) dan PaaS (Platform sebagai Layanan). Apa perbedaan antara ketiganya? Mari kita simak penjelasan berikut ini.
SaaS (Perangkat Lunak sebagai Layanan)
Sesuai namanya, jenis layanan komputasi awan ini disediakan dalam bentuk perangkat lunak. Contohnya adalah Google Docs and Sheets dan Adobe Creative Cloud. Dalam praktiknya, Anda hanya menggunakan aplikasi ini tanpa perlu memahami di mana (secara fisik) data disimpan atau bagaimana aplikasi dikelola. Hal-hal ini termasuk dalam layanan yang disediakan oleh Perangkat Lunak sebagai penyedia Layanan.
Melalui SaaS, Anda dapat mengakses perangkat lunak (aplikasi) dengan mudah tanpa harus menyediakan penyimpanan untuk perangkat Anda secara khusus untuk menyimpan aplikasi. Penyedia layanan juga akan menjamin ketersediaan dan keandalan aplikasi mereka. Dengan begitu, Anda bisa fokus memaksimalkan penggunaan aplikasi.
PaaS (Platform as a Service)
Jenis layanan komputasi awan ini datang dalam bentuk platform yang dapat Anda gunakan untuk membuat aplikasi. Jika analog, PaaS memungkinkan Anda untuk menyewa "rumah" dan berbagai "lingkungan" (jaringan, mesin basis data, sistem operasi, kerangka kerja aplikasi, dll.) Untuk membantu menjalankan aplikasi yang Anda buat. Sebagai penyewa, Anda tidak perlu memikirkan untuk memelihara rumah karena Platform sebagai penyedia Layanan akan melakukannya, sehingga Anda dapat fokus pada pengembangan aplikasi yang Anda buat di "rumah".
Contoh dari penyedia PaaS ini adalah IBM Bluemix. Dalam layanan ini, Anda dapat membuat aplikasi Anda sendiri dengan berbagai fitur yang sudah tersedia. Idealnya, fitur utama PaaS adalah skalabilitas tinggi. Jadi, semakin banyak pengguna yang dimiliki aplikasi Anda, penyedia PaaS akan secara otomatis membantu aplikasi Anda untuk dapat melayani jumlah pengguna itu.
IaaS (Infrastruktur sebagai Layanan)
Dalam IaaS, penyedia layanan akan menyediakan sumber daya infrastruktur komputasi lengkap (komputasi awan), mulai dari server, jaringan, penyimpanan, hingga ruang pusat data. Sederhananya, saat menggunakan IaaS, Anda sebenarnya menyewa komputer virtual kosong. Setelah disewa, Anda dapat menambahkan komponen komputasi seperti CPU, RAM, Penyimpanan, IP Publik, dll. Untuk membangun komputer virtual yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Dengan menggunakan layanan IaaS, Anda tidak perlu membeli perangkat komputer fisik dan juga memikirkan untuk mengelolanya. Kabar baiknya lagi, IaaS memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi komputer virtual dengan mudah, cepat dan praktis. Misalnya, jika komputer virtual menyimpan lebih banyak data daripada kapasitas yang tersedia, Anda dapat menambahkan RAM atau penyimpanan dengan cepat.
Semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda lebih memahami tentang apa cloud computing dan berbagai jenis layanan yang lebih mudah. Memahami konsep dasar komputasi awan sangat penting di era cloud ini, terutama jika dalam waktu dekat Anda memutuskan untuk beralih ke ekosistem cloud.
Info layanan komputasi awan lalu lintas layanan cloud cloud layanan cloud yang disediakan oleh Cloud Computing Jenis komputasi awan Menjelaskan layanan yang dapat disediakan oleh sistem Operasi 3 penyedia layanan Cloud (penyedia Cloud) yang saat ini tersedia Sebutkan juga salah satu contoh layanan cloud yang tersedia gratis yang dapat digunakan menjelaskan bagaimana layanan dapat digunakan istilah cloud computing3 tingkat layanan dalam komputasi awal dalam kondisi apa kami menerapkan / memilih layanan a) paas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar