Dapatkan Uang, klik link ini http://projects.id/uangberkah

Sabtu, 14 November 2020

Panduan Cara Kirim Email Dengan PHP

 

Panduan Lengkap & Mudah Cara Kirim Email dengan PHP

 

Cara kirim email dengan PHP dan mengetes function PHP mail() akan Anda dapatkan di artikel ini. Function PHP mail() dapat digunakan untuk mengirimkan email menggunakan PHP. Ini cukup mudah jika Anda ingin menambahkan contact form pada website. Dengan PHP mail(), email dapat terkirim dengan hanya menggunakan script PHP sederhana.

Baca juga: Cara Konfigurasi Email dengan Domain Sendiri di Gmail

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa:

  • Memiliki akses ke akun hosting Anda
  • Function PHP mail() aktif

Langkah 1: Membuat File PHP Baru

Pertama-tama, silakan untuk membuat file PHP pada akun hosting Anda. Untuk file PHP, nantinya harus dapat diakses melalui nama domain Anda, oleh karena itu, silakan untuk meletakkannya pada folder public_html. Untuk membuat file PHP dapat melalui File Manager atau FTP client. Silakan buat file PHP baru dengan nama testmail.php.

kirim email dengan php

Langkah 2: Edit File PHP

1. Setelah file PHP dibuat, silakan masukkan kode di bawah ini ke dalam file testmail.php. Klik kanan pada file testmail.php kemudian pilih Code Edit.

cara kirim email dengan php

<?php
    ini_set( 'display_errors', 1 );   
    error_reporting( E_ALL );    
    $from = "testing@domainanda.com";    
    $to = "alamatpenerima@domain.com";    
    $subject = "Checking PHP mail";    
    $message = "PHP mail berjalan dengan baik";   
    $headers = "From:" . $from;    
    mail($to,$subject,$message, $headers);    
    echo "Pesan email sudah terkirim.";
?>

2. Copy kode di atas kemudian paste ke dalam file testmail.php. Simpan dengan klik tombol Save Changes. Alamat email pada baris $form dan $to silakan ganti dengan alamat email Anda.

kirim email

  • Dua baris pertama pada baris code berfungsi untuk mengaktifkan pemberitahuan error ketika ada script yang error.
  • $from – Alamat email pengirim. Kebanyakan penyedia web hosting terbaik tidak mengijinkan untuk menggunakan alamat email yang tidak sesuai dengan domain Anda. Jadi Anda perlu untuk menggunakan alamat email sesuai nama domain Anda. Hal ini supaya email terkirim dengan baik.
  • $to – Alamat email penerima. Karena ini hanya untuk pengetesan saja, silakan gunakan alamat email Anda yang aktif contohnya Gmail.
  • $subject – Subject dari email.
  • $message – Konten dari pesan email.
  • $headers – Semua email memiliki header, yang berisi informasi penting seperti alamat email pengirim.
  • mail($to, $subject, $message, $headers) – Ini adalah fungsi PHP untuk mengeksekusi email. Anda  tidak perlu melakukan perubahan apapun.
  • Echo “Pesan email sudah terkirim.” – Fungsi PHP echo akan menampilkan pesan ketika script telah berhasil dieksekusi.

Langkah 3: Jalankan Script Kirim Email dengan PHP

Jika Anda sudah meletakkan script PHP pada direktori public_html seperti yang kami sarankan, Anda dapat menjalankan script PHP mail dengan mengakses file tersebut melalui browser namadomainanda.com/tesmail.php.

kirim email dengan php terkirim

Jika Anda melihat notifikasi Pesan email sudah terkirim pada browser, itu artinya email telah berhasil terkirim dan Anda dapat mengeceknya pada inbox email tujuan. Karena tidak semua email masuk ke dalam folder utama, jangan lupa cek juga folder SPAM/JUNK. Berikut tampilannya jika email berhasil terkirim.

kirim email php

Jika terdapat error, silakan untuk mengecek kembali dengan memastikan semua detail sudah benar. Jika error tidak tampil di browser, Anda dapat mengeceknya pada file error_log dari akun hosting Anda. Jika Anda belum mengetahui bagaimana cara mengecek filenya, silakan lihat tutorial berikut ini.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah mempelajari cara kirim email dengan PHP. Meskipun tutorial ini ibarat seperti sebuah percobaan, syntax yang sama dapat Anda gunakan untuk pengembangan formulir kontak website Anda. Jika Anda memerlukan script yang lebih lengkap untuk mengirimkan email menggunakan PHP, silakan cek PHPMailer. Ini telah terintegrasi dukungan SMTP, error_logs dalam 47 bahasa serta banyak fitur berguna lainnya.

Baca juga: Cara Membuat Akun Email di cPanel

Apakah Anda masih memiliki pertanyaan? Tuliskan pertanyaan Anda pada kolom komentar di akhir halaman ini! Kemudian, klik tombol Subscribe untuk terus mendapatkan ulasan terbaru seputar dunia online langsung dari inbox email Anda ?

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

SHARE
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
PUBLISHED BY
Waryanto
 

RECENT POSTS

7+ Tips Memulai Digital Agency Indonesia yang Bergengsi di Masa Kini [Edisi 2020]

Jika Anda sudah lama berkarir sebagai pekerja freelance, mungkin terbesit keinginan untuk memulai digital agency sendiri. Hal yang bisa dimaklumi…

2 hours ago

Ayo Backup Data Website! Ini 7 Resiko yang Bisa Anda Hindari

Anda sudah membangun website yang keren. Jumlah pengunjungnya pun terus meningkat. Segalanya terlihat mulus. Namun, tiba-tiba websitenya di-hack! Banyak file…

1 day ago

Tutorial Laravel untuk Pemula (Instalasi Manual)

Mencari Laravel tutorial lengkap yang mudah dipahami? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat! Di sini, kami akan memberikan tutorial…

2 days ago

Brute Force: Pengertian dan Cara Ampuh Mencegahnya!

Dalam dunia digital, aksi kejahatan online atau cyber crime dapat terjadi setiap menitnya. Salah satunya, brute force attack yang memanfaatkan…

3 days ago

15+ Tips Memulai Belajar Pemrograman Bagi Pemula

Belajar pemrograman semakin digemari banyak orang, termasuk yang melakukannya secara mandiri tanpa memiliki latar belakang IT. Namun, agar dapat mencapai…

4 days ago

[Terlengkap] Jenis Iklan dan Ukuran Banner Facebook Ads 2020

Ingin membuat produk Anda diketahui banyak orang? Beriklan di Facebook bisa jadi pilihan terbaik mengingat ada lebih dari 171 juta…

5 days ago

Tidak ada komentar:

Posting Komentar