Dapatkan Uang, klik link ini http://projects.id/uangberkah

Selasa, 01 Januari 2019

HIDUP DALAM KEBENARAN MENURUT PANDANGAN TUHAN


HIDUP DALAM KEBENARAN MENURUT PANDANGAN TUHAN
(Oleh : SR.Pakpahan,SST)


Perintah Allah yang paling utama yang harus kita patuhi adalah kita harus mengasihi Allah dengan segenap hati, pikiran, jiwa, dan dengan segenap akal budi kita, mengasihi Allah berarti takut akan Tuhan Allah, dan berpegang pada segala ketetapan dan Perintah-Nya. Jika perintah yang paling utama ini kita lakukan dengan setia, maka umur kita akan lanjut, senantiasa baik keadaan kita, supaya Tuhan membiarkan kita hidup seperti sekarang ini, dan kita akan menjadi orang-orang benar di hadapan Tuhan.
Ulangan 6:25 Dan kita akan menjadi benar,  apabila kita melakukan segenap perintah itu dengan setia di hadapan TUHAN, Allah kita, seperti yang diperintahkan-Nya kepada kita.

Dan lagi Perintah Allah yang utama yang harus kita patuhi adalah kita harus mengasihi sesama manusia seperti mengasihi diri sendiri, mengasihi sesama berarti memperlakukan sesama seperti diri sendiri, apa yang kita ingin orang lain berbuat bagi kita, begitulah kita perbuat bagi mereka. Jika perintah yang utama ini kita lakukan dengan baik, maka Tuhan akan memberi balasannya dengan mengasihi kita juga, menjadikan kita sebagai anak-anak Tuhan.
Amsal 27:17 Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya.
Matius 5:43 Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu.  5:44 Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.  5:45 Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. 

Kita harus hidup benar di mata Tuhan dengan melaksanakan kedua perintah Allah tersebut, Kita harus hidup benar di dalam menjalani kehidupan rohani dan kehidupan sekuler kita, buah buah hidup orang benar akan nyata dalam wujud persahabatan dengan Allah, dan terjalinnya relasi/hubungan dengan orang lain dengan baik dan benar, untuk itu kita perlu menjaga hati dengan baik, sebab dengan hati-lah seseorang dapat dikendalikan oleh orang lain.

Orang benar adalah orang yang berkata benar, tidak menipu atau tidak berdusta terhadap sesamanya, jika menjadi manusia yang telah dibaharui.
Efesus 4:25 Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar  seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota.

Orang benar adalah orang yang menjaga ucapannya, jangan hanya manis dibibir saja, jika tidak ingin celaka.
Yesaya 6:5 Lalu kataku: "Celakalah  aku! aku binasa!  Sebab aku ini seorang yang najis bibir, dan aku tinggal di tengah-tengah bangsa yang najis bibir, namun mataku telah melihat  Sang Raja,  yakni TUHAN semesta alam.

Orang benar adalah orang yang berusaha mencari dan mendapatkan perdamaian dengan orang lain, jika ingin memiliki masa depan.
Yakobus 3:18 Dan buah yang terdiri dari kebenaran editaburkan dalam damai untuk mereka yang mengadakan damai.
Matius 5:9Berbahagialah orang yang membawa damai,  karena mereka akan disebut anak-anak Allah.
Efesus 4:3-6
4:3 Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera: 4:4 satu tubuh,  dan satu Roh,  sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu,  4:5 satu Tuhan,  satu iman, satu baptisan, 4:6 satu Allah dan Bapa dari semua,  Allah yang di atas semua dan oleh semua dan di dalam semua.
Mazmur 37:37 Perhatikanlah orang yang tulus dan lihatlah kepada orang yang jujur, sebab pada orang yang suka damai akan ada masa depan; 

Orang benar adalah orang yang bertindak benar seperti Kornelius seorang kafir yang benar, baik, dan takut akan Tuhan, ia hidup saleh, hormat dan taat kepada Firman Tuhan,
10:1 Di Kaisarea  ada seorang yang bernama Kornelius, seorang perwira pasukan yang disebut pasukan Italia10:2 Ia saleh, ia serta seisi rumahnya takut akan Allah  dan ia memberi banyak sedekah kepada umat Yahudi dan senantiasa berdoa kepada Allah.
 10:22  Jawab mereka: "Kornelius, seorang perwira yang tulus hati dan takut akan Allah,  dan yang terkenal baik di antara seluruh bangsa Yahudi, telah menerima penyataan Allah dengan perantaraan seorang malaikat kudus, supaya ia mengundang engkau ke rumahnya dan mendengar apa yang akan kaukatakan.

Perbuatan Kornelius yang mematuhi perkataan malaikat Allah untuk mengundang Simon Petrus datang bagi kaumnya, membuat Kornelius dan kaumnya di Kaisarea menerima berita injil keselamatan, Firman yang memberitakan damai sejahtera oleh Yesus Kristus Tuhan bagi mereka, sehingga demikian karunia Roh Kudus dicurahkan ke atas bangsa mereka dan bangsa-bangsa lain juga. Tidak ada seorang pun yang dapat mencegah untuk membaptis bangsa lain dengan air, sedangkan mereka telah menerima Roh Kudus seperti layaknya warga Kerajaan Sorga.
Jika orang kristen hidup sesuai dengan Firman Tuhan, baik hidup dalam kerohanian maupun sekulernya, hidup benar menurut pandangan Tuhan, maka tidak ada orang yang lebih baik di dunia ini selain orang kristen dalam praktek kehidupan sehari harinya.
Mari supaya kita terkenal, terpandang karena kesalehan kita sebagai orang orang yang bermartabat bangsawan Sorgawi di dunia ini, hendaklah kita hidup benar di mata Tuhan, bukan apa yang benar menurut ukuran manusia, berbuat/melakukan pekerjaan atau bisnis sesuai perkenanan Tuhan, mendengar dengan benar dan melihat dengan benar hal hal yang baik, berkata kata benar sesuai Firman Tuhan, menyelidiki dan menguji Firman Tuhan dengan benar, semua itu akan mendatangkan berkat-berkat dan janji-janji  yang dari Tuhan.
7:12 "Dan akan terjadi, karena kamu mendengarkan peraturan-peraturan itu serta melakukannya dengan setia, maka terhadap engkau TUHAN, Allahmu, akan memegang perjanjian dan kasih setia-Nya yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu.  7:13 Ia akan mengasihi engkau, memberkati engkau  dan membuat engkau banyak; Ia akan memberkati buah kandunganmu  dan hasil bumimu, gandum dan anggur  serta minyakmu,  anak lembu sapimu dan anak kambing dombamu, di tanah yang dijanjikan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu untuk memberikannya kepadamu. 7:14 Engkau akan diberkati lebih dari pada segala bangsa: tidak akan ada laki-laki atau perempuan yang mandul di antaramu, ataupun di antara hewanmu. 7:15 TUHAN akan menjauhkan segala penyakit  dari padamu, dan tidak ada satu dari wabah celaka yang kau kenal di Mesir  itu akan ditimpakan-Nya  kepadamu, tetapi Ia akan mendatangkannya kepada semua orang yang membenci engkau”.
Mazmur 34:12-17, 
34:12  Siapakah orang yang menyukai hidup,  yang mengingini umur panjang untuk menikmati yang baik? 34:13 Jagalah lidahmu  terhadap yang jahat dan bibirmu terhadap ucapan-ucapan yang menipu; 34:14 jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik,  carilah perdamaian  dan berusahalah mendapatkannya! 34:15 Mata TUHAN  tertuju kepada orang-orang benar,  dan telinga-Nya  kepada teriak mereka minta tolong; 34:16 wajah TUHAN menentang  orang-orang yang berbuat jahat  untuk melenyapkan ingatan  kepada mereka dari muka bumi. 34:17 Apabila orang-orang benar itu berseru-seru, maka TUHAN mendengar, dan melepaskan mereka dari segala kesesakannya. 

Bagi orang orang yang hidupnya benar, Tuhan akan memberikan janji-janji-Nya, yaitu:
1.    Doa orang benar akan dikabulkan Tuhan.
Mazmur 34:17 Apabila orang-orang benar itu berseru-seru, maka TUHAN mendengar, dan melepaskan mereka dari segala kesesakannya. 

2.    Orang benar akan menikmati pemeliharaan yang dari Tuhan.
37:25 Dahulu aku muda, sekarang telah menjadi tua, tetapi tidak pernah kulihat orang benar ditinggalkan,  atau anak cucunya meminta-minta  roti; 37:26 tiap hari ia menaruh belas kasihan dan memberi pinjaman,  dan anak cucunya menjadi berkat.

3.    Orang benar akan mengalami perlindungan dari Tuhan.
37:39 Orang-orang benar diselamatkan  oleh TUHAN; Ia adalah tempat perlindungan mereka pada waktu kesesakan; 37:40 TUHAN menolong  mereka dan meluputkan mereka, Ia meluputkan mereka dari tangan orang-orang fasik dan menyelamatkan  mereka, sebab mereka berlindung  pada-Nya.

4.    Orang benar akan menerima berkat- berkat yang dari Tuhan.
112:1 Haleluya!  Berbahagialah orang  yang takut akan TUHAN,  yang sangat suka  kepada segala perintah-Nya. 112:2 Anak cucunya  akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati. 112:3 Harta dan kekayaan  ada dalam rumahnya, kebajikannya tetap  untuk selamanya. 112:4 Di dalam gelap terbit  terang bagi orang benar; pengasih dan penyayang orang yang adil.  112:5 Mujur orang yang menaruh belas kasihan dan yang memberi pinjaman,  yang melakukan urusannya dengan sewajarnya. 112:6 Sebab ia takkan goyah  untuk selama-lamanya; orang benar itu akan diingat  selama-lamanya. 112:7 Ia tidak takut kepada kabar celaka, hatinya tetap,  penuh kepercayaan kepada TUHAN. 112:8 Hatinya teguh, ia tidak takut,  sehingga ia memandang rendah para lawannya.  112:9  Ia membagi-bagikan, ia memberikan kepada orang miskin; kebajikannya tetap l  untuk selama-lamanya, tanduknya meninggi  dalam kemuliaan. 

Mari kita ditahun yang baru ini berbuat lebih benar lagi, dibanding ditahun tahun sebelumnya.


SELAMAT TAHUN BARU 1 JANUARI 2019
TUHAN MEMBERKATI KITA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar